Visi dan Misi

Begitu sering kita mendengarnya, bahkan saking seringnya bikin mual dan muntah-muntah, begitu sering melihatnya terpampang di buku dan dinding perusahaan, mungkin melebihi sholat 5 waktu atau ibadah ke wihara dan gereja tapi tetap saja kita masih bingung bikin visi dan misi . Kenapa begitu sulitnya kita menentukan Visi dan Misi kita sendiri? apakah sejak kecil memang kita belum diajarkan?  masih ingat ketika kakek kita yg sudah tua renta menanam bibit mangga madu dipekarangan rumah (atau bibit apa aja lah,…) kita protes buat apa Kek, khan 4-5 tahun lagi baru berbuah, sementara kakek mungkin nggak bakal sempat menikmatinya ( keburu almarhum jar). Kakek tadi tersenyum simpul : “..bibit ini memang kutanam untuk anak cucuku, agar kelak mereka ingat bahwa kakek dulu pernah menanamnya.”

Apa yg kita tangkap dari metafor diatas ? itulah Visi ( niat cita-cita agar anak cucu bisa menikmati mangga madu dalam jangka waktu yg lama) dan Misi ( aktivitas menanam mangga madu dengan kesabaran memupuk dan menanam merawat).   begitu simpel ya…?

Kita sebenarnya setiap akhir bulan sering melakukan visi (ingin beli A dan B) ,  tapi begitu terima gaji bukan melakukan misi sesuai visi. terbalik. Misi ngalahin Visi. Visi tersingkir, Misi jadi raja. pokoknya belanja ini itu forget it A n B.

Ada yg  sibuk menyusun acara pernikahan, tapi bingung ketika sudah melewati fase itu, bagaimana membagi sistem pengeluaran , pos-pos mana yg jadi prioritas dulu, terkadang pos 1 dikalahkan yg penting pos 2 bisa masuk, alhasil banyak tamu tak diundang masuk ke perushaan dompet kita.

kita setiap hari bekerja, brangkat pagi pulang sore bahkan larut malam, entah yg dimess atau pun di rumah sama saja. pokoknya akhir atau awal bulan gajian. Seringkali kita terjebak rutinitas kerja tanpa tahu 1 bulan kedepan punya plan apa, 6 bulan esok mau program apa, bahkan 1 tahun ke depan kita ada dimana masih bingung. Bahkan ada temen yg mungkin  kesel, hari-harinya habis ngitung uang dan transfer uang tapi nggak pernah liat uang itu, kurang malah nomboki, kelebihan uang tidak pernah terjadi.  di depan matanya lalu lalang form advance bagi orang yg bepergian setiap hari.

Mungkin ada yg heran, ada rekanan yg slow motion, cerdas dan  logikanya  woke banget, tapi kalo pas meledak emosinya mirip bung tomo mengobarkan 10 November dan dia sendiri juga tambah heran bin takjub  kok ada orang lain yg masih irrasional katanya. hehehe yg canggih, ada yg hobi download koleksi bokep cerita bergambar, tapi itu dulu banget, 3 tahun yg lalu. entah sekarang. mungkin itu juga bagian dari visinya.

Ada sahabat yg kalo diminta tolong buka password, serasa lamban bergeraknya, mungkin karena saking sibuknya,  mungkin juga karena konsep hidupnya alon-alon asal kelakon, hehm ….bisa jadi dia masih tinggal di kraton dgn budaya feodalnya. tapi dont worry AKU CINTA KAU. hehehe

Ada yg akhirnya sabar dan sok bijak nulis di Facebook, walapun remuk karena kesel ngurusin tiket dan telpon tiap menit tapi masih bisa senyum dan minimal ngucapin hai pada setiap orang yg masuk ruangannya.

Yang unik lagi dan bikin pusing ngurusin tempat tidur orang, seprei, shampoo yg bisa raib sendiri, gelas orang, cucian orang, kunci kamar A ketukar  kamar C, detergen yg habis mendadak. tapi masih bisa senyum dengan rangkap kerjaan bak supermen.

Ada rekan yang hari ini sibuk mengupas soal cobek dan maknanya dengan harapan bisa ke China lagi.

Termasuk yg nulis ini juga bingung kena complain kok internetnya lambat ya…..

Ada temen yg hari ini sibuk mau nyari istri kos, ada temen yg nunjukkan dia mau bikin anak keramba ikan tapi bingung nyari investor, adapula yg asyik sekaligus heran dengan fantasi quantum fikiran yg melompat ke masa depan atau masa silam, ada kawan yg bertanya gimana sich bikin perencanaan masa depan, aneh padahal tiap hari dia bisa download di internet mencari datanya, tapi hari-harinya habis di Facebook ( itu sebelum di blokir sich kecuali IT hehe), ada juga yg berencana koleksi alat pemuas  nafsu dan kelak bisa di rentalkan, sementara kita asyik di zona temporer itu , sudah sekian banyak temen melakukan quantum masa depan dengan visi dan misinya. ( Sudah lama nggak posting tapi sekali posting sok bijak ya hehe)

salam sukses buat semua sahabat tercinta. semoga hidup kita selalu dapat sumber berkualitas dengan hasil berkualitas.

~ oleh rezaldo pada 3 Desember 2009.

16 Tanggapan to “Visi dan Misi”

  1. No.1

    he he .. misi mengalahkan misi, kadang gtu sih .. tp asal masih bisa tetap terkontrol ga masalah, fatalnya kalau visinya ketelan sama misinya ..

    wah .. wah .. binun mau koment apa

  2. No.2

    he he .. misi mengalahkan visi, kadang gtu sih .. tp asal masih bisa tetap terkontrol ga masalah, fatalnya kalau visinya ketelan sama misinya ..

    ( ralat ) .. saking binunnya sampe salah .. wahahahha, nyari pembenaran sendiri
    wah .. wah .. binun mau koment apa

  3. lo bukannya itu comment mbk hehe

  4. Sok Bijak !!

    Visi dan Misi pd suatu perusahaan atau intansi tak lebihnya hanya sebagai tulisan pengumuman, jarang sekali yang berjalan sesuai visi dan misi

  5. iya dan itu juga tergantung gimana karyawannya yang menjalankan

  6. p cabar kawan
    lama takj jumpa blogmu semakjin kuat tuk didedikasikan sebagai yg sangat baik……hehe
    salam hangat selalu

  7. bunyi kaya handak pindah bagawi

  8. blue = baik2 saja bro…nikmati saja bro hehe
    safwan = bisa iya bisa nggak hehe

  9. ada yg facebook isi nya promosi blog yg jarang update… *itu aku..🙂

  10. aku sering membuat visi tapi tak menjalankan misi tersebut bagaimana yaaa mengatasi yang seperti itu?

  11. bisa saja dengan cara yang simple dulu seperti tulis dan tempel visi dan misi kita didinding kamar untuk mengingatkan…..

  12. visi misi… kadangan ada beberapa hal yang bikin aku ngga bisa bedain mana visi mana misi.. kayak klo liat banci thailand.. cewek pa cowoknya ngga jelas..

  13. kenapa harus banci thailand??? emang klo banci indonesia sudah jelas ya hehe

  14. […] Baca tulisan selengkapnya […]

  15. visi dan misiku : masih direncanakan zal,,,hehehe

  16. Memang bisa saja kita memotong antrian dengan membayar satu per satu orang yang ada di depan kita, tapi mental seperti itulah yang akan semakin menyuburkan praktik KKN di negeri kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: