Jangan Abaikan Sinyal Tubuh

Anda pasti pernah mengalami kedutan, cegukan, atau telinga berdenging.
Sayangnya, sebagian besar dari anda seringkali mengabaikan tanda-tanda
tubuh tersebut. Padahal menurut Dr.Karen Wolfe, penulis buku “Create The
Body Your Soul Desires”, mengatakan bahwa tubuh yang mengalami kedutan atau cegukan bisa menjadi pertanda bahwa tubuh anda sedang mengalami gangguan ringan. Namun meskipun gangguan tersebut tergolong ringan, tidak berarti anda harus mengabaikannya. Sebab, dengan memahami sinyal yang diberikan oleh tubuh diharapkan anda dapat lebih peduli pada tubuh sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

Kedutan Pada Kelopak Mata

Gerakan tak sadar yang diberikan oleh bagian tubuh anda ini menandakan
bahwa tubuh anda kurang beristirahat dan tidur. Bahkan para ahli
kesehatan sepakat, 99% kekejangan pada mata disebabkan karena tubuh anda
didera stress dan lelah yang amat sangat. Tidak ada cara lain yang bisa
anda lakukan untuk menghentikan kedutan pada mata ini selain
membiarkan tubuh dan mata anda untuk beristirahat. Mengompres mata anda dengan air hangat untuk beberapa saat juga sangat membantu.

Sering Menguap

Menguap tidak selalu berarti mengantuk. Menguap, juga merupakan sinyal dari alam bawah sadar anda bahwa tubuh anda kurang bergerak. Misalya,
anda terlalu serius bekerja sehingga menghabiskan lebih dari 5 jam duduk di
depan komputer. Terlalu banyak menguap bisa juga berarti bahwa oksigen di
dalam otak anda sedang menurun jumlahnya. Hati-hati, kondisi ini bisa
menurunkan tingkat kewaspadaan serta konsentrasi anda terhadap pekerjaan
dan lingkungan di sekitar anda.

Cegukan

Anda cegukan padahal anda tidak sedang makan apapun. Kondisi ini menjadi
sinyal bahwa tubuh anda sedang mengalami stress. Hal ini karena cegukan
melepaskan hormon stress ke dalam aliran darah, kemudian merangsang serat syaraf secara berlebihan. Akibatnya, terjadi kontraksi otot tak sadar
yang terletak di dekat pita suara hingga menimbulkan bunyi. Cara termudah
untuk meredakan cegukan anda adalah dengan cara menelan sedikit gula
pasir. Butiran gula pasir akan menstimulir ujung saraf di balik kerongkongan sehingga menghambat impuls syaraf lainnya, sehingga cegukan pun reda.

Kaki Kram

Apakah anda sering mengalami kaki kram secara intens setiap malam? Kram
kaki merupakan sinyal tubuh yang mengisyaratkan bahwa tubuh anda sedang
mengalami dehidrasi, kekurangan kalsium dan magnesium. Untuk mengatasinya, minumlah air putih lebih banyak dari biasanya. Susu kalsium juga sangat disarankan.

~ oleh rezaldo pada 8 April 2009.

10 Tanggapan to “Jangan Abaikan Sinyal Tubuh”

  1. baiklah…nah kalo mata bebanyan tarus pang, knapa tu?

    @ kebanyakan ngintip kali hehe

  2. saya kira menguap adalah tanda urang handk guring… hahahah

    @ iih sama auk kira kaya itu jua

  3. makasih atas infonya,..salam kenal

    @ salam kenal juga…

  4. Kalau yang seperti ini gimana boi. Cegukan di iringi jantung yang degup kencang. Perasaan berbunga-bunga, kadang sukar percaya. Itu biasa saya alami setelah ada cewe cakep lewat dan mengedipkan mata. Ckak..he..he.. Jadi pengen seling…. Uh…susah.

    @ itu namanya naluri lelaki haha

  5. wah pantas z, ku sering nguap… padahal dah ga tiduh dua malam…..looohhhhhhhhhhhhhh……………

    @ apa aja yang dikejain dua malam nih jangan-jangan..

  6. aq srg cegukan saat makan. kata ibu qu, it tndany aq lg di omongin org. tp obatny ckup mnum air ptih duanks uda ilang, bknny gula. slm knl yah.

    @ minum obat serangga juga bisa hilang cegukannya sama nyawanya sekalian hehe

  7. Bakantut pang, sal

    @ masuk angin itu namanya oon…

  8. punya saya kadang gerak2 sendiri, maknanya apa ya

    @ apanya dulu yang gerak2 nih?

  9. bisa jua parut lapar handak guring, bujurkah?

    @ bisa jua tapi kada kawa bangun lagi mati kelaparan hehe

  10. klo aku za sring menguap, tapi sbenernya ngga ngantuk. Klo dibilang kurang bergerak siy iya, coz jarang olahraga🙂
    Hehehe…..

    @ nah tu tau sendiri akibat kurang olahraga…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: