Mengenal Ubuntu

ubuntu_logo_hd_wallpaper

Beberapa waktu yang lalu seorang teman bertanya kepada saya apa itu Ubuntu, Apa perbedaannya dengan system operasi yang berbasis GNU/Linux yang lain. Walaupun gue kuliah dibidang IT sampai sekarang gue juga belum pernah make namanya Ubuntu hehehe..tapi bukan berarti gue bukan pecinta Linux tapi takdir yang masih belum menyatukan kita (Alasan yang biasa digunakan apabila kepepet) jadi saran guemari kita belajar mencintai Linux dari sekarang dimulai dari diri gue sendiri nih. Disini gue akan memberikan informasinya bagi yang berminat menggunakan Ubuntu salah satu system operasi yang berbasis GNU/Linux.
Ubuntu adalah sepenuhnya sistem operasi sumber terbuka yang dibangun di atas kernelLinux.
Komunitas Ubuntu dibangun atas dasar cita-cita yang ada di dalam Filosofi Ubuntu bahwa perangkat lunak harus tersedia tanpa biaya, perkakas perangkat lunak harus dapat digunakan oleh pengguna dalam bahasa lokal mereka dan untuk mereka yang memiliki kekurangan, dan pengguna harus mempunyai kebebasan untuk menyesuaikan dan mengubah perangkat lunak mereka menurut dengan apa yang mereka inginkan. Untuk alasan tersebut:


• Ubuntu akan selalu bebas biaya, dan tidak akan ada biaya lebih untuk “edisi enterprise” kami akan memberikan usaha terbaik kami tersedia untuk semuanya dalam istilah Bebas yang sama.
• Ubuntu menyertakan terjemahan yang terbaik dan infrastruktur untuk berbagai kemudahan yang mana komunitas perangkat lunak bebas telah tawarkan, untuk membuat Ubuntu lebih berguna untuk banyak orang.
• Ubuntu diluncurkan secara berkala dan dapat diramalkan; luncuran baru dikeluarkan setiap enam bulan. Anda dapat menggunakan luncuran stabil saat ini atau luncuran pengembangan saat ini. Setiap luncuran disokong Ubuntu untuk sekurangnya 18 bulan.
• Ubuntu adalah berkomitmen penuh pada prinsip dari pengembangan perangkat lunak terbuka kami mendorong masyarakat untuk mengunakan perangkat lunak terbuka, memperbaikinya lalu menyebarkannya.
Komunitas Ubuntu terdiri dari pengembang, programer, penguji, ahli teknis, penguji dokumentasi, penterjemah, dan yang terpenting, pengguna yang menggunakan Ubuntu setiap hari. Kami mengundang anda untuk bergabung dengan komunitas ini dan bantu membuat Ubuntu jadi system operasi yang dicintai untuk digunakan oleh anda, keluarga anda, teman anda dan rekan sekerja. Bantu kami menterjemahkan Ubuntu ke dalam bahasa anda, memcobanya pada perangkat keras baru dan tidak lazim, bantu pengguna lain dengan petunjuk, tip, dan FAQ, atau bantu membentuk arah tujuan Ubuntu dengan memberikan umpan balik mengenai perangkat lunak yang anda sangat cintai.
Temukan lebih lanjut pada situs web Ubuntu

Sejarah dari nama Ubuntu berasal dari ideologi etis Afrika Selatan yang berpusat pada kesetiaan masyarakat dan hubungan antara satu sama lain. Kata Ubuntu berasal dari bahasa Zulu dan Xhosa. Ubuntu (diucapkan “oo-BOON-too”) adalah dapat dilihat sebagai konsep tradisional Afrika, dipandang sebagai salah satu asas pendirian republik baru Afrika Selatan dan terhubung dengan ide kebangkitan kembali Afrika.
Terjemahan singkat dari makna Ubuntu adalah “rasa perikemanusiaan terhadap orang lain”. Terjemahan lainnya yaitu: “kepercayaan dalam ikatan universil untuk saling berbagi yang menghubungkan seluruh umat manusia”.
“Orang dengan ubuntu adalah terbuka dan tersedia untuk orang lain, mendukung yang lain, tidak merasa terancam karena orang lain lebih trampil dan cakap, karena dia memiliki keyakinan bahwa dia termasuk dari bagian besar dan akan sedih bila orang lain dihina atau akan sedih, ketika orang lain tersiksa dan tertekan.”
—Uskup besar Desmond Tutu
Sebagai platform berbasis pada GNU/LINUX, sistem operasi Ubuntu membawa semangat ubuntu ke dunia perangkat lunak.

Apa itu Linux?
Kernel Linux , diucapkan ‘lee-nucks’ adalah jantung dari sistem operasi Ubuntu. Kernel adalah bagian penting dari tiap sistem operasi, berfungsi sebagai jembatan komunikasi antara perangkat keras dan perangkat lunak. Linux ditemukan pada tahun 1991 oleh pelajar Finlandia bernama Linus Torvalds. Pada waktu itu, Linux hanya jalan pada sistem i386, dan Linux pada dasarnya adalah tiruan dari kernel UNIX, ditujukan untuk mengambil keuntungan dari arsitektur baru i386 pada waktu itu. Pada waktu sekarang, terima kasih atas jasa upaya pengembangan yang besar jumlahnya oleh
masyarakat diseluruh dunia. Linux dapat dijalankan dalam setiap arsitektur modern. Kernel Linux menjadi suatu kepentingan ideologis seperti pada hal teknis. Ada sekelompok komunitas masyarakat yang percaya dalam cita-cita dari perangkat lunat bebas dan meluangkan waktu mereka untuk membantu membuat teknologi sumber terbuka menjadi lebih baik.
Masyarakat dalam komunitas inilah yang memberikan prakarsa kepada Ubuntu, komite standar yang menentukan pengembangan Internet, organisasi seperti Yayasan Mozilla, yang membuat Mozilla Firefox, dan proyek perangkat lunak lainnya yang tak terhitung jumlahnya yang dari semua ini anda memperoleh keuntungan. Semangat sumber bebas, biasanya dipertalikan ke Linux, mempengaharui pengembang perangkat
lunak dan pengguna dimana pun untuk mendirikan komunitas dengan tujuan yang sama.

Apa itu GNU?
Proyek GNU, diucapkan “guh-noo”, diluncurkan pada 1984 untuk mengembangkan sistem operasi seperti UNIX yang dibangun dari perangkat lunak bebas: Sistem GNU. Variasi dari sistem operasi GNU, yang menggunakan kernel Linux, saat ini sudah banyak digunakan; walau sistem ini sering disebut sebagai “Linux,” tetapi nama yang lebih tepat untuk sistem ini adalah sistem GNU/Linux. Proyek GNU berhubungan erat dengan filosofi dari perangkat lunak bebas, yang merupakan pusat untuk proyek yang berasal darinya, seperti Ubuntu.

Perbedaan
Terdapat banyak ragam sistem operasi yang berbasis GNU/Linux: Debian, SuSE, Gentoo, RedHat, dan Mandriva contohnya. Ubuntu adalah penantang lainnya dalam dunia yang sudah sangat kompetitif ini. Jadi apa yang membuat Ubuntu beda? Berbasis pada Debian, salah satu distribusi yang telah diterima secara luas, maju dari segi teknologi dan disokong dengan baik, Ubuntu bertujuan untuk menciptakan distribusi yang menyediakan system Linux untuk komputer destop dan server.
Ubuntu menyertakan beragam paket terpilih dari distribusi Debian dan memakai sistem manajemen paket yang membuat instalasi jadi mudah dan penghapusan program dengan bersih. Tidak seperti kebanyakan distribusi yang mengirim jumlah banyak perangkat lunak yang mungkin akan atau tidak akan digunakan, Senarai paket untuk Ubuntu dikurangi hingga hanya aplikasi penting dengan kwalitas tinggi.
Dengan berfokus pada kualitas, Ubuntu memproduksi lingkungan komputasi yang handal dan kaya fitur yang cocok untuk digunakan baik dalam lingkungan rumah dan komersial. Proyek ini memanfaatkan waktu yang dibutuhkan untuk berfokus pada perincian yang lebih bagus dan dapat meluncurkan versi yang memuat perangkat lunak terbaru dan terbaik setiap 6 bulan sekali. Ubuntu tersedia untuk arsitektur i386 (prosesor 386/486/Pentium(II/III/IV) dan Athlon/Duron/Sempron), AMD64 (prosesor Athlon64, Opteron, dan Intel 64-bit ), dan PowerPC (iBook/Powerbook, G4 dan G5).

Perangkat Lunak Bebas
Proyek Ubuntu sepenuhnya melakukan prinsip pengembangan perangkat lunak sumber terbuka, masyarakat dianjurkan untuk menggunakan perangkat lunak sumber bebas, memperbaikinya, dan menyebarkannya. Ini berarti bahwa Ubuntu adalah dan akan selalu bebas biaya. Akan tetapi, arti ini lebih dari sekedar tersedia dengan biaya nol. Filosofi dari perangkat lunak bebas adalah masyarakat harus bebas untuk menggunakan perangkat lunak dalam artian “kegunaan sosial”. “Perangkat lunak bebas” tidak hanya berarti bahwa anda tidak harus membayar untuk mendapatkannya, perangkat lunak bebas juga berarti bahwa anda dapat menggunakan perangkat lunak sesuai yang anda inginkan: kode untuk membangun perangkat lunak tersedia untuk diunduh, diubah, diperbaki dan digunakan oleh siapapun. Jadi berangkat dari kenyataaan bahwa perangkat lunak bebas
sering tersedia tanpa biaya, kebebasan inilah yang memberikan keuntungan teknikal: ketika anda ingin mengembangkan program, hasil kerja keras orang lain dapat anda gunakan dalam program anda.
Dengan perangkat lunak tidak bebas, hal ini tidak dapat terjadi dan ketika anda ingin mengembangkan program, anda harus memulainnya dari awal. Untuk alasan ini pengembangan perangkat lunak bebas dapat terjadi dengan cepat, efisien dan menyenangkan!
Anda dapat menemukan lebih lanjut tentang filosofi dari perangkat lunak

Nomor Versi dan Luncuran
Skema penomoran versi Ubuntu adalah berdasarkan pada tanggal kami meluncurkan versi dari distribusi. Nomor versi datang dari tahun dan bulan dari luncuran daripada mewakili versi sesungguhnya dari perangkat lunak. Luncuran pertama kami (Warty Warthog) adalah pada Oktober 2004 jadi versinya adalah 4.10.

~ oleh rezaldo pada 23 Desember 2008.

Satu Tanggapan to “Mengenal Ubuntu”

  1. Kemarin ane mau coba ubuntu. Tp kok format mp3 nga terbaca ya. Gmana itu boy? Bener ya linux itu bebas virus?

    Itu kan cuman belum tau caranya aja man.., Ya iyalah coba aja sendiri dijamin 100% tanpa virus…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: